Rabu, 04 April 2012

a naughty cat

Students, before we learn more about descriptive text, please have a look at my explanation below about noun phrases. Check it out!


Salah satu ciri kebahasaan teks deskriptif adalah penggunaan frasa benda yang sering digunakan dalam kalimat. Frasa ini dapat terdiri dari kt.benda + kt.benda atau kt.benda + kt.sifat. Berikut akan dibahas kedua jenis frasa tersebut.

1. kt.benda + kt.benda (noun + noun)

Contoh frasa bentuk ini antara lain murid SMP, guru bahasa Inggris, atau seragam sekolah. Nah, untuk menerjemahkan frasa ini dalam bahasa Inggris, kita perlu membalik kedua kata tersebut. Contoh:

(seorang) murid SMP
murid : student
SMP : junior high school
(seorang) murid SMP : a junior high school student

(seorang) guru bahasa Inggris : an English teacher
(sebuah) seragam sekolah : a school uniform

Jika ada jumlah tertentu dalam frasa tersebut, tinggal ditambahkan di depan frasa. Contoh:

lima pohon mangga : five mango trees
seratus reporter berita : one hundred news reporter
 
2. kt.benda + kt.sifat (noun + adjective(s))

Contoh frasa bentuk ini antara lain penggaris panjang, rumah tua, atau kucing nakal. Untuk menerjemahkan frasa ini, sama seperti cara sebelumnya yakni dengan membalik kedua kata tersebut. Contoh:

(sebuah) penggaris panjang : a long ruler
(sebuah) rumah tua : an old house
(seekor) kucing nakal : a naughty cat

Ok, sementara itu penjelasan singkat yang bisa ditampilkan di sini. Bagaimana, much easier, right? Semoga tulisan ini mempermudah kalian untuk menerjemahkan frasa benda ke dalam bahasa Inggris. Semoga juga dapat mempermudah kalian dalam memahami & menulis teks deskriptif.

Selanjutnya, silakan berlatih menerjemahkan frasa-frasa benda sederhana. Bila tak tahu arti kata dalam bahasa Inggris, please open your dictionary.

Good luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar