Jumat, 03 Februari 2012

Menemukan Gagasan Utama dalam Teks

A. Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan pembelajaran siswa dapat mengidentifikasi gagasan utama, letak kalimat utama dan penjelas dalam teks, serta menentukan jenis paragraf.

B. Materi Pembelajaran:
1. Paragraf
    Paragraf merupakan kumpulan kalimat yang berisikan kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas. Kalimat topik atau kalimat utama merupakan kalimat yang lebih umum dan lebih penting yang menjelaskan gagasan utama atau ide pokok paragraf. Kalimat ini dapat berada di awal ataupun akhir paragraf. Selanjutnya, informasi dalam kalimat utama dijelaskan secara khusus atau rinci dalam beberapa kalimat penjelas. Kalimat-kalimat penjelas ini mengandung gagasan penjelas dari paragraf tersebut.

2. Jenis-jenis Paragraf
    Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dibedakan menjadi tiga jenis,
    a. Deduktif
        Merupakan paragraf yang letak kalimat utamanya di awal paragraf. Mudahnya, paragraf ini bersifat umum-khusus, karena tersusun dari kalimat utama yang bersifat umum dan diikuti kalimat penjelas yang bersifat lebih khusus/spesifik.

    b. Induktif
        Merupakan paragraf yang letak kalimat utamanya di akhir paragraf. Paragraf ini didahului oleh beberapa kalimat penjelas yang bersifat lebih rinci, dan diakhiri oleh sebuah kalimat utama/topik yang menjadi penegas atau berisi kesimpulan dari hal-hal khusus yang telah dijelaskan. Secara umum, paragraf ini bersifat khusus-umum.

    c. Campuran
        Merupakan paragraf yang diawali sebuah kalimat utama, kemudian diikuti beberapa kalimat penjelas, dan diakhiri sebuah kalimat yang menegaskan kembali gagasan utama paragraf. Dengan kata lain, kalimat utama pada paragraf ini terletak di awal dan akhir paragraf.
     
Cara mudah mengingat jenis paragraf (deduktif/induktif):

IKUDUK (Induktif: Khusus - Umum & Deduktif: Umum-Khusus)

C. Latihan
     Berikut adalah lembar kerja untuk menentukan gagasan utama dalam paragraf. Bacalah paragraf yang ada, lalu tandai kalimat utamanya, dan tentukan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya.

Lembar Kerja

D. Sumber Belajar
Nurhadi, dkk. 2007. Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga. 
Suharma, dkk. 2010. Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Kelas VII. Jakarta: Yudhistira.
http://pbsindonesia.fkip-uninus.org/media.php?module=detailmateri&id=65        
http://www.adjeblog.com/20100426130/IT-Umum/ini-dia-penemu-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar