Minggu, 29 Juni 2014

Hari Gizi SMPIT ISLAMIA

Hari gizi merupakan salah satu kegiatan dari program kerja Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SMPIT ISLAMIA. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan makanan bergizi seimbang pada siswa, termasuk cemilan yang sehat. 

Bentuk kegiatan ini bermacam-macam, mulai dari siswa mendapat makanan dan minuman bergizi seimbang, siswa melihat maupun terlibat langsung untuk membuat makanan/minuman bergizi seimbang. Selain itu, siswa juga mendapat pengarahan mengenai pengertian gizi seimbang serta contoh makanan dan minuman yang mengandung gizi seimbang. 

Pengetahuan tentang gizi seimbang penting diketahui siswa mengingat terdapat berbagai macam junk food yang dapat dibeli dengan mudah oleh siswa sedangkan mereka masih membutuhkan asupan gizi yang seimbang karena masih dalam proses pertumbuhan.

Kegiatan hari gizi SMPIT ISLAMIA tahun pelajaran 2013/2014 dilaksanakan saat jam ekstrakurikuler, sehingga seluruh siswa dapat mengikuti kegiatan tersebut tanpa mengganggu kegiatan belajar mengajar. Kegiatan tersebut melibatkan Bapak/Ibu guru, para anggota OSIS, dan anggota ekskur Tata Boga untuk menyiapkan panganan dan minuman yang akan dibagikan. Berikut liputan kegiatan tersebut.

Susu Sapi Segaaaarrr
Anggota Tata Boga dilibatkan untuk membuat susu sapi yang akan dibagikan. Mereka dibagi tugas: ada yang membuat susu, menuangkan, hingga membagikannya pada siswa lain.

Puding Dingiiiiinnnn
 Selain susu, teman-teman siswa juga mendapat puding sebagai pencuci mulut. Sayangnya, karena sempitnya waktu, panitia tidak sempat membuat sendiri pudingnya sehingga harus membeli puding kemasan.

Apel dan Pisang Segar
Naaah, ini untuk melengkapi gizi dari sepaket panganan dan minuman yang dibagikan: buah. Buah merupakan sumber vitamin yang sangat baik dan megandung gizi yang baik bagi tubuh. Kali ini buah dibagikan dalam bentuk 'asli'nya. Agar lebih nikmat, buah juga dapat diolah menjadi jus.

Selain ketiga macam panganan dan minuman di atas, siswa juga mendapat roti yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi bagi tubuh. Sayangnya gambar roti tidak sempat diambil jadi tidak dapat ditampilkan di sini..hehe.

Jawab Pertanyaan Sebelum Makan
Tapiiiii, sebelum semuanya dibagikan, siswa mendapat penjelasan tentang gizi seimbang beserta contoh makanan dan minuman serta gizi yang terkandung di dalamnya. Setelah itu, dilakukan tes dulu.. Beberapa siswa diminta maju untuk menjelaskan kembali intisari mengenai gizi seimbang.

Naaahh, itulah sekilas tentang kegiatan Hari Gizi di SMPIT ISLAMIA. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lebih baik pada tahun-tahun mendatang. Sampai jumpa di liputan kegiatan SMPIT ISLAMIA lainnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar